Dan Pengembangan Kurikulum Pada Lembaga PAUD
Format KTSP dapat dikembangkan menjadi 2 dokumen yang mencakup :
- Dokumen I
- Dokumen II
ISI / MUATAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
(Dokumen 1)
- BAB I . Pendahuluan
- BAB II . Tujuan Pendidikan
- BAB III. Struktur dan Muatan
- Kurikulum
- BAB IV. Kalender Pendidikan
KTSP DOKUMEN II
- Silabus dan PROTA/PROMES yang dikembangkan dengan acuan permendiknas No 58 th 2009 dan standar lainnya.
- Silabus danRKB,RKM,RKH yg dikembangkan Sekolah (Mulok, dan potensi-potensi lainnya)
Bab I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang (dasar pemikiran penyusunan KTSP)
- Tujuan Pengembangan KTSP
- Prinsip Pengembangan KTSP
sesuai karakteristik sekolah
- Visi, misi dan tujuan sekolah
- Visi Sekolah
- Misi Sekolah
- Tujuan Sekolah
BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KTSP
Meliputi Sub Komponen:
- Bidang Pengembangan Pembiasaan
- Moral dan Nilaionilai agama
- Sosial emosional dan kemandirian
- Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
- Bahasa
- Kognitif
- Fisik Motorik
- Seni
- Mulok (mis ; Menganyam, buat tempe, dan lain-lain)
- Kegiatan Pengembangan diri ( mis ; melukis, BTA, menari, drum band )
BAB. III
Kalender Pendidikan
Berisi tentang kalender pendidikan yang digunakan oleh sekolah, yang disusun berdasarkan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan setempat, disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan aturan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam Standar Isi.
PENYUSUNAN KTSP
DI LEMBAGA PAUD
DOKUMEN II
MELIPUTI
- PROGRAM TAHUNAN / SEMESTER
- PERENCANAAN BULANAN
- PERENCANAAN MINGGUAN
- PERENCANAAN HARIAN
- PENILAIAN
1. PROGRAM TAHUNAN/SEMESTER
Merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema, bidang pengembangan,kompetensi dasar,hasil belajar,indikator, dan alokasi waktu
Konsep Pengembangan Kurikulum
- Kurikulum PAUD menggunakan pendekatan holistic curriculum mencakup semua aspek perkembangan
- Proses belajar dilaksanakan secara integrated learning mencakup semua konsep pengetahuan (bahasa, matematika, sains, ilmu sosial, seni)
- Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui bermain
- Kurikulum dikembangkan oleh lembaga dengan merujuk pada standar yang disusun oleh Pemerintah
- Kurikulum PAUD untuk:
- Membentuk karakter anak, dilakukan melalui pembiasaan: agama dan moral/nilai, emosi sosial
- Membangun kemampuan dasar: kognitif, fisik, emosi sosial, bahasa, seni
Langkah 1
- Pahami domain-domain dan konsep yang harus dikembangkan di kurikulum
- Memahami tahap perkembangan kelompok anak (lihat menu generik/standar tingkat pencapaian perkembangan)
APA SAJA YANG DIBUTUHKAN ?
1. Acuan yang dirujuk Pemerintah
(Permendiknas 58 th 2009)
2. Acuan/standar tambahan (Menu
pembelajaran,Mulok, visi misi
lembaga)
3. Sejumlah waktu
4. Bahan yang mendukung
5. Tekad
Konsep pengetahuan yang dipelajari anak, yakni: (National Institute of Child Health & Human Development)
1.KEAKSARAAN/LITERASI:
Mengembangkan pengetahuan bahasa dalam semua sentra bermain
Bercakap-cakap dengan setiap anak di setiap kesempatan
Mengenalkan kata-kata baru dengan cara menjelaskan, menunjuk gambar, menggunakan ekspresi, nada suara, atau bahasa tubuh
Bernyanyi, menunjuk huruf saat membacakan cerita, memajang huruf/kata di dinding, menempatkan buku cerita di setiap sentra, mendorong anak untuk bercerita
Mencontohkan memegang buku dengan benar, merawat buku, mengenalkan penulis dan ilustrator buku saat membacakan cerita, menata buku dan bahan-bahan cetak lainnya secara menarik dan relevan dengan tema yang dibicarakan.
2. Matematika
Mengembangkan pengetahuan matematika dalam semua sentra bermain
Bernyanyi; ada satu palu, satu..satu aku sayang ibu, jump..jump..the number jump; menghitung kehadiran anak, menghitung alat yang dibutuhkan saat sarapan.
Bertepuk tangan berpola di sentra musik, menggambarkan pola yang dibuat anak dg balok di sentra balok, dengan warna pada bingkai di sentra seni, meronce di sentra persiapan.
Berbicara bentuk geometri saat membangun, saat berada di luar ruangan, menggambarkan posisi dan letak saat main peran, dsb.
Menggunakan balok untuk mengukur, jam untuk memberitahukan waktu beres-beres, atau menggunakan kata kemarin, hari ini, atau besok
Membuat grafik benda-benda seperti daun, kerang, kancing, dsb
Membuat tally di papan tulis kesukaan anak, kehadiran anak, dsb
3.Sains
Pengetahuan sains lebih dari sekedar fakta, bagaimana fakta-fakta tersebut memberikan informasi yang lebih bermakna
Mengembangkan pengetahuan sains dalam semua sentra Bermain
Meletakkan benda-benda agar anak dapat mengamati objek seperti: magnet, kaca pembesar, cermin, timbangan, dll.
Meletakkan benda-benda yang sudah rusak seperti: telepon, radio, mainan bongkar pasang, dll.
Mengajak anak-anak menanam, memelihara binatang kesayangan serta mendiskusikan tumbuh kembang serta siklus hidupnya.
Berbicara tentang benda-benda yang tampak di angkasa saat siang dan malam; cuaca dan benda-benda yang perlu disiapkan serta memelihara lingkungan terhadap perubahan cuaca
4. ILMU SOSIAL
Ilmu sosial adalah ilmu tentang bagaimana orang-orang hidup di masa lalunya dan saat ini, bagaimana mereka bekerja, berinteraksi, memecahkan masalah, dibentuk dan membentuk lingkungannya, mencakup (social studies standards):
Mengembangkan pengetahuan ilmu sosial dalam semua sentra Bermain
5. Seni
Seni merupakan kegiatan merancang, mencipta, dan bereksplorasi, mencakup: (NSfAE)
Menari (Anak belajar mengekspresikan dan merespons musik melalui gerakan anggota tubuhnya)
Menyanyi
Bermain musik (Anak belajar bermusik melalui mendengarkan dan berinteraksi dengan berbagai jenis musik)
Membuat karya seni (melukis, menggambar, kolase, memahat, mencap, menjahit, dll)
Mengembangkan pengetahuan seni dalam semua sentra Bermain
6. Teknologi
Ilmu tentang alat, bahan, mesin, teknik, dan sumber-sumber yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah, mencakup (SiT)
Kesadaran akan teknologi yang digunakan di lingkungan rumah, sekolah, kantor yang dapat memudahkan pekerjaan kita
Dasar-dasar penggunaan alat-alat teknologi
Macam-macam alat teknologi
Penggunaan alat teknologi secara aman, sesuai dan merawatnya secara bertanggungjawab
Mengembangkan pengetahuan teknologi dalam semua sentra bermain
Menempatkan benda/alat (telepon, mesin fax, hair dryer, blender, kaca pembesar, dsb sesuai tema) yang dapat digunakan anak selama main.
Menunjukkan cara kerja benda/alat dan menggunakan istilah yang tepat dalam penggunaan alat teknologi.
Menyediakan ragam benda/alat yang berbeda dan mendorong anak menggunakannya dalam berbagai cara.
Mendorong anak bekerjasama dan mengembangkan aturan dalam menggunakan alat/benda secara aman dan sesuai.
Langkah 2
Menetapkan indikator Perkembangan
Setiap kelompok usia memiliki banyak aspek perkembangan (terpadu dan berkesinambungan)
Pilih 1 atau 2 indikator dari setiap aspek perkembangan
Jadikanlah indikator yang terpilih sebagai tujuan pembelajaran
Tahapan Perkembangan
Ada di dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009
Sebagai dasar tujuan stimulasi PAUD
Menyeluruh dan saling terkait antar aspek perkembangan
Setiap indikator memuat kemampuan dasar pengetahuan bahasa, matematika, sosial, sains, seni, motorik.
Perlu pemahaman muatan yang terkandung di setiap indikator.
0 komentar :
Posting Komentar