Senin, 10 Maret 2014

Kurikulum PAUD sesuai dengan Permendiknas No. 58 Tahun 2009


Kurikulum PAUD sesuai dengan Permendiknas
No. 58 Tahun 2009
Bersama Bunda Galuh

     ”SUGENG  SIANG”
Sugeng Siang......... sugeng siang........
Sugeng Siang........Rencang-rencang..... 
Sugeng Siang......... sugeng  siang........
Pripun Kabare....................???
Sugeng siang Bapak-bapak……
Sugeng siang Ibu-Ibu........
Sugeng siang rencang-rencang 
Pripun kabare?
SAE....!!!! 
(Cipt. Bunda Galuh)‏ 


Kurikulum adalah keseluruhan pengalaman belajar yang diberikan kepada siswa sehingga mereka dapat mencapai keterampilan umum dan pengetahuan di berbagai situs belajar
(Dr. Judith Irvin, Florida State University)

Kurikulum berisi tentang filosofi, dasar, dan tujuan lembaga, tujuan pembelajaran, dan pengetahuan. (Kuba (1992))

Menurut UU No. 20 Tentang SPN :
Definisi kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu


PERLUKAH KURIKULUM..? 


PERLU…!!!!:


  • Untuk memberikan arah yang tepat dalam pelaksanaan proses pembelajaran 
  • Tanpa  kurikulum akan mengalami kesulitan bahkan Kegagalan dalam Mencapai Tujuan 



RPJMN 2010-2014

Prioritas 2: Pendidikan
Metodologi: Penerapan metodologi pendidikan yang tidak lagi berupa pengajaran demi kelulusan ujian (teaching to the test), namun pendidikan menyeluruh yang memperhatikan kemampuan sosial, watak, budi pekerti, kecintaan terhadap budaya-bahasa Indonesia melalui penyesuaian sistem Ujian Akhir Nasional pada 2011 dan penyempurnaan kurikulum sekolah dasar dan menengah sebelum tahun 2011 yang diterapkan di 25% sekolah pada 2012 dan 100% pada 2014;

RPJMN 2010-2014

Prioritas 2: Pendidikan
Kurikulum: Penataan ulang kurikulum sekolah yang dibagi menjadi kurikulum tingkat nasional, daerah, dan sekolah sehingga dapat mendorong penciptaan hasil didik yang mampu menjawab kebutuhan SDM untuk mendukung pertumbuhan nasional dan daerah dengan memasukkan pendidikan kewirausahaan (diantaranya dengan mengembangkan model link and match);


TUJUAN PENGUATAN PELAKSANAAN KURIKULUM

1. Penguatan pelaksanaan KTSP sebagai kurikulum berbasis kompetensi
2. Penguatan konten-konten dalam kurikulum yang mengadung unsur-unsur pendidikan budaya dan karakter bangsa, kreativitas dan ekonomi kreatif


PENATAAN ULANG KURIKULUM

Penyiapan kajian-kajian kurikulum untuk pengembangan kurikulum masa depan (2014 ke atas)
Penyempurnaan standar nasional pendidikan dan kurikulum
Penyempurnaan pengelolaan kurikulum nasional, daerah dan sekolah

Siapa Yang Melakukan 
Pengembangan Kurikulum….??????









PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Jangan Menyamakan Produk Kurikulum !

 * Yang Bisa Disamakan adalah Pedoman/ Acuannya

LANDASAN
UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
TENTANG STANDAR PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI

Standar pendidikan anak usia dini meliputi pendidikan formal dan nonformal yang terdiri atas :
1. Standar tingkat pencapaian perkembangan
2. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
3. Standar isi, proses dan penilaian
4. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan

PENGERTIAN SNP
Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah NKRI
HUBUNGAN SNP DENGAN KURIKULUM

Standar digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum
Standar bersifat nasional, harus diikuti oleh satuan pendidikan tersebut

Terima Kasih Teman

Terima kasihTeman... la..la...la..la..la..la
Terima kasih teman...
semuanya...
Semoga  bermanfaat..
la..la...la...la..la...la..
Nanti kan jumpa lagi...
Selamat Siang..

(cipt.Bunda Galuh

0 komentar :

Posting Komentar

Pages

Blogger templates